Distributor aisya Promoted by Syarifah Aisya

Tips Menghilangkan Keraguan Dalam Berbisnis Bagi Pemula
Hilangkan Keraguan Dalam Berbisnis, Saatnya Kamu Jadi Pembisnis Sukses!

By Siti Komariah 14 Apr 2021, 11:35:19 WIB Tips Bisnis
Tips Menghilangkan Keraguan Dalam Berbisnis Bagi Pemula

Keterangan Gambar : Tips Menghilangkan Keraguan Dalam Berbisnis Bagi Pemula


Setiap pebisnis sukses saat ini pasti pernah merasakan keraguan. Saat kamu berencana untuk memulai usaha, terkadang kamu bergelut dengan rasa ragu yang meresahkan pikiran.

 

Bagaimana jika salah memilih jenis bisnis? Bagaimana jika penghasilannya sedikit? Bagaimana jika bisnisnya gagal? Itulah beberapa keraguan yang seringkali membuat pebisnis pemula khawatir untuk memulai usaha.

 

Keraguan untuk melangkah dapat membuat kami menunda bisnismu. Padahal, keraguan itu bisa kamu ubah menjadi kepastian.

 

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi keraguan dalam memulai bisnis sendiri.


1. Kumpulkan Informasi Bisnis dari Berbagai Referensi

Rasa ragu bisa timbul karena kamu merasa tidak mempunyai bakat untuk menjadi entrepreneur. Kamu merasa tidak memiliki mempunyai pengalaman sebagai modal dasar dalam berbisnis.

Perlu kamu ingat bahwa selalu ada yang pertama untuk segalanya. Sebagai pemula, optimislah dalam memulai bisnis pertamamu. Jika kamu merasa awam dalam berbisnis, maka pelajarilah dunia bisnis.

Kumpulkan segala bentuk informasi tentang bisnis dari berbagai sumber referensi. Kamu bisa mendapatkan informasi dari  buku, riset, televisi, website, seminar, workshop dan lain-lain.

Terus perbanyak informasi agar pikiran kamu terbuka dan mendapatkan inspirasi. Semakin banyak ilmu bisnis yang kamu dapatkan, semakin percaya diri kamu untuk memulai bisnis sendiri.


2. Mencari Mentor Bisnis yang Suportif

Memulai bisnis bagi pemula merupakan pengalaman mendebarkan. Mempelajari teori saja tidak cukup. Supaya kamu tidak salah melangkah, cobalah cari mentor bisnis yang mau mendukung visi kamu.

Mentoring bisa kamu dapatkan melalui berbagai cara. Kamu bisa mengikuti seminar entrepreneurship, bergabung di komunitas entrepreneur, atau bisa dengan mendaftarkan diri ke program mentoring bisnis.

Dengan memiliki mentor, kamu dapat lebih leluasa bertukar pikiran. Kamu akan mendapatkan berbagai masukan yang berarti dari orang yang telah berpengalaman di dunia bisnis.


3. Fokuslah pada Hal Positif dalam Berbisnis

Kamu boleh pikirkan resiko terburuk dalam berbisnis supaya kamu bisa menyiapkan strategi yang ampuh untuk menjalankan bisnismu. Namun, jangan terlalu fokus memikirkan hal-hal negatif tentang kegagalan.

Akan tetapi, fokuslah memikirkan hal-hal positif jika kamu mau menjalankan bisnis. Seperti target penghasilan yang ingin kamu raih, peluang sukses, dampak produk bisnismu bagi masyarakat, dan lain sebagainya.

Hal-hal positif tersebut akan membuat kamu termotivasi dan menghilangkan keraguan dalam berbisnis. Kamu pun akan bersemangat dalam merencanakan bisnismu.


4. Siapkan Rencana Bisnis Cadangan

Seyakin-yakinnya kamu dengan ide dan konsep bisnismu, buatlah business plan lebih dari satu. Kamu perlu membuat backup plan atau rencana candangan untuk berjaga-jaga apabila rencana awal tidak berjalan dengan baik.


5. Segera Mulai Bisnismu

Kamu mungkin tidak akan dapat sepenuhnya menghilangkan keraguan dalam berbisnis. Namun, jangan terlalu banyak berpikir tanpa bertindak. Segeralah persiapkan semua keperluan untuk bisnis barumu. Kemudian luncurkan dan promosikan bisnismu ke masyarakat luas.

Kamu akan lebih banyak belajar saat bisnismu sudah berjalan. Teruslah berjuang untuk tujuanmu!




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Mana Jenis Busana Muslim favorit anda?
  Abaya
  Tunik
  Gamis
  Kaftan
  Blus

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video
Yuk Temukan Toko Terdekat dari tempat tinggal anda agar belanja lebih mudah. Klik / Cari Disini