Distributor aisya Promoted by Syarifah Aisya

Sejarah Kehancuran Pasar Saham
sejarah-kehancuran-pasar-saham

By Aqueen 30 Apr 2021, 00:32:18 WIB Tutorial
Sejarah Kehancuran Pasar Saham

Keterangan Gambar : Sejarah Kehancuran Pasar Saham


Sejarah Kehancuran Pasar Saham Yang Perlu Kamu Tau

     Ketidak pastian kapan berakhirnya Pandemi Covid-19 membuat banyak orang bertanya-tanya,apakah akan terjadi kejatuhan pasar saham kedua setelah yang terjadi pada Maret 2020? Jawaban nya... Tidak ada yang tau secara pasti.

     Daripada kita terlalu khawatir akan hal yang belum pasti di masa depan,lebih baik kita mempersiapkan diri dengan belajar dari sejarah kejatuhan pasar saham yang pernah terjadi.

Ini dia kehancuran pasar saham->

 

•Keruntuhan Wall Street 1929

     Kehancuran bursa paling besar dalam sejarah Amerika ini terjadi karena di tahun 1920 an juta warga Amerika melakukan investasi besar-besaran di pasar saham dengan dana pinjaman. Di bulan Agustus 1929 aja para pialang saham memberikan pinjaman lebih dari ⅔ nilai saham yang di beli para investor kecil.

  

   Spekulasi inilah yang memicu kenaikan harga saham dan menciptakan 'gelombang ekonomi'. Keuntungan besar dari pasar yang bulish berakhir pada Kamis,24 Oktober 1929 yang di kenal dengan Black Thursday dimana harga saham turun terus selama sebulan dan mencapai titik terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Harga saham juga belum pernah kembali ke titik tertingginya di tahun 1929 hingga Nov 1954 atau ¼ abad setelahnya.

 

•Pengetahuan FED 1937

 

     Berlangsung dari Mei 1937 hingga Juni 1938,resesi ini adalah penurunan terburuk ketiga di Amerika pada abad ke-20. Dengan PBD rill turun 10 persen dan pengangguran mencapai 20 persen karena kontraksi dalam jumlah uang beredar yang di sebabkan oleh kebijakan Federal Reserve dan Departemen Keungan serta kebijakan fiskal yang kontraktif.

 

•Perang Dunia ke II

     PD II di mulai ketika Jerman menginvasi Polandia pada 1 sep 1939,awalnya pasar saham tidak bereaksi Prancis pada Mei 1940,pasar saham terpukul dan turun sampai 23% selama 8 hari hingga pasar saham menyentuh titik terendahnya sejak 1934,pada 28 April 1942.

 

•Resesi Eisenhower

    Yang dikenal juga sebagai resesi 1958 adalah penurunan ekonomi dunia yang tajam tahun 1958. Ada beberapa faktor utama penyebab penurunan aktivitas ekonomi ini yaitu Penjualan mobil baru yang turun 31% selama 1957,pembangunan perumahan melambat karena tingkat bunga yang lebih tinggi pada tahun 1956 juga penurunan bertahap dalam bisnis industri barang modal.

 

•Flash Crash 1962

     Di kenal juga dengan nama the Kennedy slide of 1962 adalah  istilah yang di berikan untuk penurunan pasar saham dari Desember 1961 hingga Juni 1962 selama masa jabatan prisiden John f.kennedy selama periode ini, S&P 500 turun 22,5%.

 

•Krisis Kredit 1966

      Awalnya perekonomian sedang tumbuh pesat,indeks S&P 500 mencapai titik tertingginya untuk tahun tersebut pada 9 Februari tetapi kemudian turun 22% selama 8 bulan berikutnya.

  

    Krisis ini muncul ketika produk Keungan terbaru,sertikat deposito yang bisa di negosiasikan hadir,membuat bank bisa menerima lebih banyak dana dari penabung karena suku bunganya lebih baik,sehingga pinjaman bank booming dan tingkat inflasi naik drastis kemudian bank kehabisan uang untuk di pinjamkan.

 

•Kejatuhan Teknologi 1970

      Kejatuhan pasar saham dimana banyak saham teknologi turun 80% atau lebih dari puncak tertingginya di akhir 1968 hingga posisi terendah pada Mei 1970. Indeks S&P 500 turun 29% pada kartual itu dan ini terjadi hanya dalam lima Minggu. Penyebab utamanya seperti Kejatuhan saham teknologi tahun 2000,adalah pendapatan perusahaan yang rendah atau tidak ada sama sekali.

 

•Stagflation 1970an

      Adalah kondisi diman pertumbuhan ekonomi melambat,inflasi tinggi dan pengangguran tinggi. Ini terjadi di As mengalami resesi yang menyebabkan lima kartual pertumbuhan PDB nya negatif. Inflasi berlipat ganda pada tahun 1973 dan mencapai dua digit pada tahun 1974; pengangguran mencapai 9% pada Mei 1975.

 

•Kejatuhan pasar saham 1987

      Yang dikenal sebagai Back Monday adalah nama yang biasa di gunakan untuk kejatuhan pasar saham global,yang tiba-tiba,parah,dan sangat tidak terduga pada 19 Oktober 1987. Semua dari 23 pasar saham utama dunia mengalami penurunan tajam Dimana pasar saham AS lebih dari 20% dalam satu hari.

 

•Gelombang Dot-com

      Gelombang spekulasi yang terjadi pada akhir 1990-an ketika bursa saham di AS mengalami kenaikan yang tajam berkat pertumbuhan industri sektor internet dan berakhir pada awal 2000. Tetapi kemudian ketika perusahaan penyedia perangkat keras telekomunikasi besar,yang pada saat itu memasok sebagian besar perusahaan rintisan dan teknologi,Dotcom pendapatan nya menurun drastis,akhirnya perekonomian jatuh ke dalam resesi pada tahun 2001.

 

•Krisis Keuangan 2008

      Bencana ekonomi terpuruk yang terjadi sejak Depresi Hebat 1929 dimana harga rumah turun lebih dari harga yang jatuh selama depresi hebat. Krisis ini terjadi akibat pecahnya gelembung indrustri properti yang terjadi di AS.

     Dimana industri hipotek memberikan dana kepada para pinjam yang sebenarnya tidak bisa membayar cicilan. Sehingga terjadi peningkatan kebangkrutan yang memicu hancurnya sejumlah lembaga pinjaman seperti Lehman Brothers.

      Dari sejarah berbagai kejatuhan pasar saham yang pernah terjadi,kita bisa belajar bahwa tidak ada seorang pun yang tahu apa yang terjadi di pasar saham kedepan nya,jadi bersikaplah rendah hati akan kemampuan kita untuk memprediksi pasar saham.

     Karena apa yang pernah terjadi di pasar saham,bisa hampir dipastikan akan terjadi.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Mana Jenis Busana Muslim favorit anda?
  Abaya
  Tunik
  Gamis
  Kaftan
  Blus

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video
Yuk Temukan Toko Terdekat dari tempat tinggal anda agar belanja lebih mudah. Klik / Cari Disini