Distributor aisya Promoted by Syarifah Aisya

Referral Marketing : Metode Ampuh Untuk Menarik Konsumen
Apa itu Referral Marketing?

By Siti Komariah 06 Apr 2021, 03:17:14 WIB Tips Bisnis
Referral Marketing : Metode Ampuh Untuk Menarik Konsumen

Saat ini, Referral Marketing dipercaya menjadi salah satu strategi marketing yang paling efektif.

 

Referral Marketing sendiri ialah bagian dari word of mouth, dimana berbagi informasi dan pengalaman yang dilakukan konsumen akan sangat berguna untuk membantu perusahaan mendapatkan lebih banyak konsumen. 

 

Cara untuk menerapkan Referral Marketing diantaranya ialah :

 

1. Jadikan kebiasaan

 

Referral Marketing akan memberi hasil signifikan jika kamu menjadikannya bagian dari bisnismu. Buatlah konsumen terbiasa dengan penawaran program Referral yang kamu tawarkan. Misalnya "di pembelian selanjutnya, akan ada hadiah menarik jika bapak/ibu merekomendasikan toko kami ke saudara atau tetangga". Jika bisnismu ada dibidang online, pastikan kamu beri tagline di website ataupun media sosial dan bisa meminta konsumen melakukan referral.

 

2. Jadikan Konsumen Sebagai Brand Ambassador

 

Perusahaan biasanya membayar selebriti atau Influencer untuk dijadikan brand ambassador. Hal itu juga sebenarnya sudah termasuk dalam program referral, hanya saja dalam bentuk non-organik. 

 

Kamu bisa menggunakan konsumen kamu sebagai brand ambassador. Jika kamu bisnis di bidang kuliner, kamu bisa meminta konsumenmu untuk memposting foto makanan atau minuman melalui sosial media untuk mendapatkan makanan atau minuman secara gratis. 

 

3. Terapkan affiliate marketing

 

Sebenarnya, affiliate marketing tidak berbeda jauh dengan brand ambassador yang mana konsumen akan menjadi promotor untuk produkmu. Hanya saja, jika affiliate marketing, konsumen akan mendapatkan beberapa persen keuntungan dari penawaran produk yang dilakukan oleh mereka.

 

Misal, jika konsumen berhasil meyakinkan 2 orang temannya untuk membeli produkmu, maka akan mendapatkan cashback 5% - 10% untuk pembelanjaan berikutnya. Hal itu akan membuat konsumen kembali lagi untuk menawarkan kepada banyak orang.

 

4. Memberikan insentif yang menarik

 

Tidak bisa dipungkiri, kita sendiri pun pasti mencari untung dan rugi saat diminta melakukan referral. Memberikan insentif yang menarik bisa menjadi motivasi konsumen untuk meningkatkan referral. Memberikan insentif tak harus selalu uang. Bisa juga berupa bingkisan kecil beserta kartu ucapan terima kasih. 

 

5. Teliti memanfaatkan peluang

 

Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen melalui program referral. Coba cek kembali data konsumen dan temukan beberapa konsumen yang sudah lama tidak melakukan pembelian. Hanya saja, kita menghubungi mereka bukan untuk menawarkan produk, tapi untuk menawarkan program referral.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Mana Jenis Busana Muslim favorit anda?
  Abaya
  Tunik
  Gamis
  Kaftan
  Blus

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video
Yuk Temukan Toko Terdekat dari tempat tinggal anda agar belanja lebih mudah. Klik / Cari Disini