Distributor aisya Promoted by Syarifah Aisya

Perjalanan Dakwah Sunan Kalijaga Metode Wayang
perjalanan-dakwah-sunan-kalijaga

By Mommy Mensa 30 Mar 2021, 04:44:36 WIB Tutorial
Perjalanan Dakwah Sunan Kalijaga Metode Wayang

Keterangan Gambar : sunan kalijaga


Perjalanan Sunan Kalijaga berdakwah Metode Wayang

    Dalan Perkembangan Islam khususnya di Tanah Jawa memang tidak terlepas dari perjalanan Walisongo. Mereka yang gigih dan pantang menyerah menyebar ajaran Agama islam kepada masyarakat jawa dengan sopan santunnya mereka melalui pendekatan budaya jawa. Satu dari 9 walisongo memiliki peranan sangat penting dalam penyebaran Islam yaitu Sunan Kalijaga, Sunan Kalijaga memiliki nama lain Raden Said. Beliau adalah anggota walisongo yang dikenal dan dilahirkan pada tahun 1455 Masehi.

     Sunan Kalijaga merupakan keturunan ningrat, ayahnya adalah Adipati Wilatika Adipati Tuban keturunan Ranggawale. Berbagai versi nama Sunan kalijaga, termasuk masyarakat Cirebon berpendapat nama beliau berasal dari dusun kalijaga di Cirebon. Karena beliau sempat singgah di Cirebon Sebagian masyarakat mengaitkan dengan tugas menjaga Kali yang diberikan guru beliau (Sunan Bonang) sebagai ujian kesetiaan dan keseriusan didalam belajar agama Islam. Pada Masa mudanya Raden Sa’id atau Sunan Kalijaga dikisahkan pernah menjadi brandal dengan gelar Lokajaya, dengan sasaran para pejabat dan orang kaya yang suka berfoya, tujuan beliau membagikan hasilnya kepada rakyat yang miskin.

     Kemudian setelah proses panjang berguru kepada para ulama seperti Sunan Bonang, Raden Sa'id kemudian menjadi guru dakwah. Cara dakwah Sunan Kalijaga begitu unik, adalah wayang dan gamelan menjadi sarana utama untuk memperkenalkan Islam kepada masyarakat jawa. Dengan si’ir atau kidung dalam bahasa Jawa, Beliau mengajak masyarakat jawa lebih mendalami ajaran agama Islam, dan lebih mendekat diri kepada Allah. Beberapa contoh tembang yang populer hingga kini adalah tembang ilir-ilir dan kidung rumekso ing nguni. Sunan Kalijaga bukan hanya dikenal dekat dengan anggota keraton, tapi juga dekat dengan masyarakat umum. Sejumlah pangeran dan raja asal Demak, Jipang, Pajang dan Mataram Islam, Sunan Kalijaga dikenal sebagai orang baik. Dalam bermasyarakatpun beliau masih membantu rakyat memberikan solusi dari berbagai masalah dan mengajar dibeberapa daerah.

     Sehingga Sunan Kalijaga kerap disebut Gurunya orang Jawa. Sunan Kalijaga juga dikenal sangat peduli akan tradisi. Berbagai tradisi yang tidak sesuai dalam ajaran Islam diberi unsur nilai nilai Islami. Contohnya media wayang, mulanya wayang menampilkan gambaran manusia utuh diubah menjadi gambar manusia mati dari samping. Melalui pewayangan inilah, beliau menerapkan nilai ketauhidan, ajaran syari'at, dan nilai akhlak atas dasar Agama Islam. Dari sinilah ajaran Sunan Kalijaga tercipta islam Nusantara dan moderat di Tanah Jawa.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Mana Jenis Busana Muslim favorit anda?
  Abaya
  Tunik
  Gamis
  Kaftan
  Blus

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video
Yuk Temukan Toko Terdekat dari tempat tinggal anda agar belanja lebih mudah. Klik / Cari Disini