Distributor aisya Promoted by Syarifah Aisya

Mengapa Banyak Orang Yang Tidak Berani Memulai Bisnis?
Alasan banyak orang tidak segera memulai bisnis

By Siti Komariah 14 Apr 2021, 09:42:57 WIB Bisnis
Mengapa Banyak Orang Yang Tidak Berani Memulai Bisnis?

Keterangan Gambar : Mengapa Banyak Orang Yang Tidak Berani Memulai Bisnis?


Memulai sebuah bisnis memanglah sesuatu yang menyenangkan namun sekaligus menantang. Menjalankan bisnis berarti kamu siap untuk menjadi bos bagi dirimu sendiri dan mengarahkan tujuanmu sendiri. Sekilas, menjalankan bisnis memang menyenangkan karena tidak adanya atasan atau bos yang mengawasi.

 

Namun nyatanya tidak semua orang bisa langsung memulai bisnis mereka. Jadi, apa yang menjadi alasan banyak orang untuk tidak menjalankan bisnis?

 

Takut gagal

Memulai sebuah bisnis memiliki resiko yang sangat besar, bisa sukses, namun bisa juga gagal. Banyak orang tidak mau memulai bisnis karena takut dengan resiko kegagalan ini. Terdapat banyak hal yang menyebabkan rasa takut ini. Mungkin disebabkan pengalaman kegagalan di masa lalu dan tidak ingin mengulangi lagi, kurang percaya diri, dan masih banyak lagi. Mungkin juga mereka memiliki keraguan bahwa bisnis yang dijalankan akan sukses.

 

Kekurangan sumber daya untuk memulai bisnis

Setiap orang mempunyai gagasan bisnis yang berbeda. Begitu pula dengan modal yang dikeluarkan. Ada bisnis yang membutuhkan modal banyak sekali, ada pula yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

 

Jika seseorang tidak mempunyai cukup uang untuk memulai bisnis dan tidak tahu dari mana ia bisa mendapatkan modal, mungkin itu menjadi alasan terbesarnya tidak segera bergerak memulai bisnisnya. Uang tabungan saja tidak cukup dan terlalu riskan jika semua dipertaruhkan sebagai modal usaha. Belum lagi apabila mereka memiliki riwayat pinjaman buruk sehingga sulit untuk mendapatkan bantuan pinjaman modal dari bank. Ketiadaan sumber daya ini tentu saja menghambat seseorang untuk memulai bisnisnya.

 

Tidak mengenal dunia wirausaha

Ketika seseorang tidak pernah mengenal dunia wirausaha, wajar bila mereka tidak memiliki hasrat untuk membuka bisnis sama sekali. Ini berlaku bagi orang yang sejak kecil sudah tumbuh di lingkungan pekerja, lalu ketika besar memiliki pekerjaan tetap, dan terbentuk pola pikir bahwa menjadi pegawai adalah satu-satunya jalan bagi mereka bertahan hidup.

 

Rata-rata kehidupan pengusaha disekitarnya memiliki keluarga, kerabat, atau saudara yang pernah menjalankan bisnis, kemudian terinspirasi untuk melakukan hal yang sama dan terjun di bidang kewirausahaan.

 

Tidak ingin merasakan tekanan dalam bisnis

Membangun dan mengelola bisnis bisa menciptakan tekanan yang berat. Diperlukan banyak kemampuan untuk bisa sukses dalam bisnis, diantaranya memahami pasar, pengembangan produk yang tepat dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen, serta mempunyai ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pengusaha.

 

Semua kegiatan itu memiliki tantangan yang besar, apalagi ketika bisnis sedang terpuruk. Seorang pengusaha harus bisa segera mencari solusi seperti bagaimana cara menambah modal dan meningkatkan penjualan, hingga mendistribusikan produk ke wilayah yang lebih luas lagi.

 

Nyaman dengan pekerjaan yang mereka miliki

Tidak semua orang memiliki passion di bidang kewirausahaan. Biasanya apabila seseorang sudah nyaman dan merasa bahwa pekerjaan yang mereka lakoni saat ini sesuai dengan passion diri, jadi apa lagi yang ingin dikejar? Tentu saja mereka tidak mau mengambil resiko dengan meninggalkan pekerjaan.

 

Pilihan gaya hidup

Meskipun uang adalah hal yang begitu penting di dunia ini, namun faktanya tidak semua orang ingin mengejar uang yang banyak. Ada orang-orang minimalis yang memiliki prinsip bahwa hidup sederhana itu lebih baik, dan tentu saja memiliki banyak uang dan terus mengejar duniawi bukanlah target bagi mereka.

 

Inilah yang melatarbelakangi mereka berpikir untuk tidak memulai bisnis, karena setiap pengusaha tentunya memiliki target uang yang harus dicapai. Hal ini bertolak belakang dengan gaya hidup minimalis yang dijalani, sehingga orang-orang yang memegang prinsip seperti ini tidak pernah memulai bisnis mereka sendiri.

 

Anggapan yang buruk tentang pengusaha

Ada beberapa orang yang memandang pengusaha dan pemilik bisnis secara negatif. Dengan semua uang yang pengusaha miliki dan mereka bekerja tanpa henti, para pengusaha dianggap sebagai orang yang serakah, tertekan, tidak bahagia, dan terobsesi untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya.

 

Orang-orang yang mempunyai pemikiran seperti ini tidak mau menjadi pengusaha karena tidak ingin uang mengubah diri mereka. Harga yang harus dibayar terlalu mahal sehingga membuat mereka memilih untuk tetap menjalani hidup yang tenang dan nyaman seperti sekarang.

 

Tidak tahu ingin menjalankan bisnis apa

Di saat kita ingin memulai bisnis, maka akan muncul pertanyaan “kira-kira bisnis apa yang akan dijalani?” Walaupun pertanyaan ini terdengar sederhana, namun faktanya inilah yang menjadi alasan banyak orang tidak pernah memulai bisnis mereka. Mungkin mereka tidak percaya diri sehingga berpikir bahwa ide bisnis yang mereka miliki tidak terlalu bagus sehingga mereka kurang percaya diri untuk mewujudkannya.

 

Lebih memilih gaji yang stabil

Menjalankan bisnis ibarat kamu sedang  menaiki roller coaster. Ada saatnya kamu melesat ke atas, namun ada saatnya kamu terjun bebas ke bawah. Ini maknanya para pengusaha tidak mempunyai pendapatan yang stabil. Resiko seperti inilah yang tidak ingin diambil oleh banyak orang, karena mereka lebih suka hidup dengan pendapatan yang stabil dengan jumlah pasti setiap tahunnya.

 

Tidak memiliki ambisi yang besar

Semua pengusaha tentu harus memiliki ambisi yang besar agar bisnis mereka bisa berhasil dan sukses. Namun ada orang-orang yang tidak memiliki ambisi dan sudah puas dengan kehidupan yang dimiliki. Mereka tidak ingin ketenangan hidupnya terganggu dengan berbagai tekanan yang muncul karena mengelola bisnis. Mereka merasa bahwa kebutuhan finansial mereka sudah tercukupi hanya dengan pendapatan yang mereka dapatkan sebagai pegawai atau karyawan.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Mana Jenis Busana Muslim favorit anda?
  Abaya
  Tunik
  Gamis
  Kaftan
  Blus

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video
Yuk Temukan Toko Terdekat dari tempat tinggal anda agar belanja lebih mudah. Klik / Cari Disini