Distributor aisya Promoted by Syarifah Aisya

Kenali Tipe Pembeli Untuk Kembangkan Bisnismu
Yuk Kenali Tipe-tipe Pembeli!

By Siti Komariah 25 Apr 2021, 14:35:19 WIB Tips Bisnis
Kenali Tipe Pembeli Untuk Kembangkan Bisnismu

Keterangan Gambar : Kenali Tipe Pembeli Untuk Kembangkan Bisnismu


Tipe pembeli menjadi hal penting yang wajib kamu pahami untuk mengembangkan produk bisnismu. Pada dasarnya pembeli juga manusia biasa, jadi mereka punya karakter, kebiasaan, serta rutinitas yang berbeda. Hal itu juga memengaruhi cara mereka berperilaku sebagai konsumen. Dalam konteks bisnis, mempelajari kebiasaan orang saat akan membeli suatu produk adalah bagian dari strategi penjualan.


Sebagai pengusaha, kamu harus paham bagaimana caranya untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan. Seperti halnya dalam melakukan promosi produk, supaya pesan yang kamu sampaikan bisa diterima dan dipahami sesuai dengan tujuan dari komunikasi pemasaran yang kamu lakukan. Buatlah konsumenmu terkesan dan merasa istimewa. Hal tersebut bisa menjadi alat marketing yang hebat dan kamu juga mempunyai peluang untuk menjadikan para pembeli kamu menjadi duta bagi produkmu secara cuma-cuma.


Berikut ini beberapa tipe pembeli yang akan kamu temui secara umum.


1. Tipe Pembeli Baru

Tipe pembeli yang pertama ialah pembeli baru, mereka yaitu orang yang baru pertama kali melakukan pembelian produk dari bisnis yang kamu lakoni. Meskipun mereka telah melakukan pembelian produk yang kamu tawarkan dan kamu juga sudah mendapatkan keuntungan, mereka tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Setelah melakukan transaksi jual-beli pertama kali, pastikan kamu memberikan info kontak yang bisa dihubungi untuk mengantisipasi kalau konsumen mengalami masalah, kendala, atau hal lain terkait produk yang telah dibeli. Hal ini akan membuat konsumen terkesan dan merasa mendapatkan pelayanan berkualitas dan menimbulkan peluang untuk mereka kembali membeli produk kamu lagi.


2. Pecinta Harga Murah

Pembeli kedua yaitu adalah orang-orang yang gemar dan senang berhemat. Ciri-cirinya adalah tipe pembeli ini tidak mau membayar nominal tertentu untuk produk yang mereka tahu harganya tidak sebesar itu. Tapi tipe konsumen pecinta harga murah ini mau membayar nominal dengan harga yang sama jika ada potongan harga 50% . Tipe pembeli seperti ini rata-rata memiliki kebiasaan membeli barang secara spontan tanpa perencanaan karena sedang ada promo diskon. Strategi yang efektif untuk menjaring konsumen tipe seperti ini adalah dengan menempatkan promosi di banyak jenis produk.


3. Pembeli Loyal

Untuk tipe pembeli loyal ini sudah termasuk dalam kategori konsumen setia. Konsumen loyal merupakan tipe pembeli yang harus kamu pertahankan dan diberikan pelayanan yang terbaik. Konsumen seperti ini biasanya akan terus melakukan pembelian ulang dan menjadikan produkmu sebagai pilihan utama dan sudah tidak lagi mempersoalkan harga. Tapi pembeli loyal biasanya lebih fokus pada kepuasan setelah membeli produkmu. Jadi, kalau kamu ingin menjaring konsumen setia lebih banyak lagi, susunlah strategi pemasaran yang tepat supaya mereka mau terus membeli berulang kali hingga menjadi konsumen tetap.


Cara menarik perhatian tipe pembeli yang seperti ini adalah memperlakukan mereka dengan istimewa. Tipe konsumen loyal akan merasa senang ketika diperhatikan, karena mereka merasa dihargai. Dari situ akan timbul perasaan emosional yang akan membuat mereka merasa terikat dengan produk kamu dan kemudian akan mendorong mereka terus membeli hingga menjadi konsumen yang loyal.


4. Pembeli Potensial

Tipe pembeli ini ialah mereka yang sebenarnya belum pernah membeli produkmu. Akan tetapi mereka memiliki potensi untuk melakukan pembelian. Misalnya, di toko online atau sosial media, mereka sudah menyukai foto produk yang kamu tampilkan, mengikuti akun sosial mediamu, hingga mengunjungi website tokomu. Mereka lah yang harus kamu jadikan prioritas, karena sebenarnya mereka telah mengetahui toko kamu dan mempunyai niatan untuk membeli produkmu.


Kemudian, bagaimana caranya supaya konsumen tipe pembeli potensial ini segera melakukan pembelian? Berikan pancingan pada kelompok pembeli potensial ini dengan promosi berupa potongan harga yang berlaku dalam tenggat waktu yang singkat. Istilah lainnya yaitu flash sale. Melalui cara ini, besar kemungkinan mereka akan segera melakukan pembelian.


5. Tipe Pembeli Impulsif

Tipe pembeli yang terakhir ini dapat dikatakan sebagai konsumen yang mudah tergiur dan bergerak impulsif atau cepat memutuskan untuk melakukan pembelian. Bisa juga dikatakan, tipe pembeli impulsif ini hampir mirip dengan tipe konsumen pecinta harga murah. Hanya saja, pembeli impulsif tidak hanya bisa dipengaruhi dari segi harga, namun juga bisa dari sisi kemudahan dan pelayanan yang diberikan.


Dasarnya, usaha untuk mengambil perhatian pembeli impulsif itu tergolong mudah. Kamu tidak harus melakukan promosi ataupun ajakan yang terlalu besar. Pembeli seperti ini hanya suka ketika diberikan pelayanan yang baik. Misalnya, saat mereka bertanya tentang ketersediaan barang, kamu membalasnya dengan cepat dan jelas. Kemudian dari sisi layanan kemudahan seperti membayar di tempat juga turut berpengaruh pada mereka untuk segera melakukan pembelian.


Itulah ulasan seputar strategi dalam mengenali tipe-tipe pembeli untuk mengembangkan bisnis yang kamu jalani saat ini. Semoga tulisan ini bermanfaat agar bisnis kamu terus naik kelas ya.  Dan jangan takut untuk memulai bisnis!




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Mana Jenis Busana Muslim favorit anda?
  Abaya
  Tunik
  Gamis
  Kaftan
  Blus

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video
Yuk Temukan Toko Terdekat dari tempat tinggal anda agar belanja lebih mudah. Klik / Cari Disini