Distributor aisya Promoted by Syarifah Aisya

Alasan Brand Raksasa Nokia Meredup
Siapa Yang Masih Pake Nokia?

By Siti Komariah 06 Mei 2021, 09:20:30 WIB Bisnis
Alasan Brand Raksasa Nokia Meredup

Keterangan Gambar : Alasan Brand Raksasa Nokia Meredup


Siapa yang masih pake Nokia?

     Meski kini namanya mulai meredup, namun tetap saja brand Nokia menjadi pelopor handphone yang namanya masih melekat di benak masyarakat.


     Nokia merupakan brand Handphone dari Finlandia yang pada masanya merupakan salah satu perusahaan penguasa pasar handphone terbesar.


Namun, apa saja yang membuat brand handphone Nokia kian meredup?


Berikut ini beberapa alasannya


Lambatnya Inovasi

     Kala itu pada tahun 2007, tepat saat peluncuran iPhone, dan pada tahun 2008 Android pertama kali diperkenalkan. Nokia juga mengembangkan 2 sistem operasi miliknya, yaitu MeeGo dan Symbian.


     Namun saat pengembangan, 2 sistem operasi ini mengalami banyak kesalahan management dan kurangnya dukungan dari manufaktur lain. Hingga akhirnya membuat MeeGo dan Symbian kalah saing dengan IOS dan Android.


Keputusan Yang Kurang Tepat

     Pada tahun 2011, setelah kedua sistem operasi Nokia tadi meredup, Nokia justru memilih Windows Phone untuk dijadikan sistem produknya. Keputusan ini dirasa kurang tepat karena kala itu, pengembang aplikasi untuk Windows Phone sangat jarang, dan aplikasi-aplikasi jadi sangat sedikit, membuat Nokia dan Windows Phone masuk jurang.


     Setelah pasar dikuasai IOS dan Android, Microsoft resmi mengakuisisi Nokia. Kemudian menghentikan pengembangan Windows Phone dan produksi Hardware barunya.


     Sekarang, brand Nokia muncul lagi. Perusahaan asal Finlandia bernama HMD mendapatkan hak untuk menggunakan nama Nokia sebagai nama produk smartphonenya.


     Penyebab kegagalan yang telah dialami oleh Nokia bisa menjadi pembelajaran yang besar untuk semua pengusaha masa kini. Pikiran terbuka dengan perubahan yang ada merupakan hal yang penting bila ingin terus bertahan dan berkembang dalam dunia yang dinamis ini. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan "inovasi atau mati". Memang seperti itulah adanya, jika kita tidak dapat melakukan inovasi dengan cepat maka bisnis akan tetap diam di tempat dan lama-lama akan mati.


Andai saat itu Nokia memutuskan untuk langsung menggunakan sistem Android, apakah Nokia masih akan tetap berjaya seperti masa-masa keemasannya?

 

     Kalau brand Nokia kembali meluncurkan smartphone terbarunya, kamu mau beli gak?




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Mana Jenis Busana Muslim favorit anda?
  Abaya
  Tunik
  Gamis
  Kaftan
  Blus

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video
Yuk Temukan Toko Terdekat dari tempat tinggal anda agar belanja lebih mudah. Klik / Cari Disini